Mantan penyerang Blackburn Rovers, Chris Sutton mengatakan bahwa bila seorang pemain di usia emas memilih pergi dan bermain di Tiongkok demi gaji besar itu adalah seperti seorang tentara bayaran.

Seperti diketahui, Tiongkok memang tengah gencar membangun sepakbola mereka. Tak tanggung-tanggung, demi mempercepat pertumbuhan sepakbola di sana, klub Tiongkok rela mengeluarkan dana besar demi mendatangkan pemain.

Dua gelandang Chelsea, Oscar dan John Obi Mikel pada Januari ini memutuskan untuk pergi ke klub Chinese Super League. Sementara itu, Carlos Tevez juga pindah ke sana dengan biaya 40 juta euro termasuk gaji 310 ribu poundsterling per pekan.

“Bila para pemain ingin pergi dan bermain di Tiongkok, sederhana saja, mereka merupakan tentara bayaran,” ujarnya kepada BBC Radio 5 Live.

“Mungkin itu bisa pada akhir anda, tapi saya tak bisa mendapatkan argumen itu bila anda mendapatkan 150 ribu poundsterling per pekan dalam kontrak lima tahun dan anda perlu untuk pergi dan mendapatkan 30 juta poundsterling per tahun di tempat lain. Saya tak memiliki argumen itu,” tandasnya.

Sumber; Bola.net